KANKER RAHIM - Tanda, Gejala dan Penyebabnya

16 May 2012

kanker-rahimKanker ovarium atau yang biasa juga disebut Kanker Rahim adalah kanker pertumbuhan yang timbul dari indung telur. Gejalanya seperti: perut kembung, nyeri pada panggul, kesulitan makan, dan sering buang air kecil. Kanker rahim sebagian besar (lebih dari 90%) diklasifikasikan sebagai “epitel” dan diyakini muncul dari permukaan ( epitel ) dari ovarium. Namun, beberapa bukti menunjukkan bahwa tuba falopi bisa juga menjadi sumber dari beberapa kanker rahim. Sejak ovarium dan tuba yang berhubungan erat satu sama lain, diperkirakan bahwa sel-sel kanker tuba dapat meniru kanker rahim. Jenis lain dapat timbul dari sel telur ( germinal sel tumor ) atau sel pendukung. Kanker ini dikelompokkan ke dalam kategori kanker ginekologi .

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala kanker rahim biasanya sulit terdeteksi. Dalam kebanyakan kasus, gejala menetap selama beberapa bulan sebelum diakui dan di diagnosis. Kebanyakan wanita dengan kanker rahim laporan satu atau beberapa gejala seperti sakit perut atau ketidaknyamanan, massa perut, kembung , nyeri punggung , urgensi kemih , sembelit , kelelahan dan berbagai lainnya gejala non-spesifik , serta gejala yang lebih spesifik seperti nyeri panggul , abnormal perdarahan vagina atau penurunan berat badan. Bisa ada penumpukan cairan ( ascites ) di rongga perut.

Penyebab

Dalam kebanyakan kasus, penyebab pasti kanker rahim masih belum diketahui. Risiko mengembangkan kanker ovarium tampaknya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Perempuan yang lebih tua, dan pada mereka yang memiliki kerabat tingkat pertama atau kedua dengan penyakit ini, memiliki peningkatan risiko.

Baca juga:


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post